Tutorial Memulai Pemrograman Java Di Linux

Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux. Ya, begitulah kira-kira judul yang berdasarkan aku pas untuk goresan pena aku kali ini. Pada dasarnya aku yaitu orang yang newbie dalam hal programming, dan artikel ini bekerjsama merupakan dokumentasi khususnya untuk aku sendiri dan umumnya untuk para pembaca.

Saya tertarik untuk menulis artikel ini bukan alasannya aku orang yang jago dibidang pemrograman java, melainkan sebagai dokumentasi bahwa aku pernah mencar ilmu pemrograman java 😄 semoga gk lupa jhehee 😃 ..
Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux
Image source : www.pixabay.com

Singkat cerita, dikampus kawasan aku menuntut ilmu aku diajarkan bahasa pemrograman java oleh dosen saya, dan Lab komputer kawasan aku praktek ngoding java semua komputer nya memakai Microsoft Windows sebagai operating system nya.

Namun alasannya laptop aku terinstall Ubuntu didalamnya, aku sempat kebingungan dan terbesit dibenak aku gimana ya cara mulai pemrograman java di ubuntu ? 

Setalah aku googling kesana kemari ternyata caranya cukup mudah, tidak ibarat microsoft windows yang harus menyetting Path untuk JDK nya, pada OS berbasis GNU/Linux hanya tinggal menginstall JDK nya saja dan sehabis itu teman sudah sanggup memulai pemrograman java.

Makara sebelum teman memulai menciptakan kegiatan berbasis java, pastikan pada komputer teman sudah terinstall JDK dan JRE, bila belum silahkan baca tutorial aku sebelumnya yang sudah diposting di blog ini.

Baca juga : Cara install OpenJDK di ubuntu 16.04

Cara Memulai Pemrograman Java di Linux


Lanjut lagi sob, untuk memudahkan kita menciptakan kegiatan java, aku sarankan untuk menciptakan direktori atau folder khusus untuk menyimpan file hasil coding, buka console terminal lalu ketikkan perintah.
dodi@ubuntu: $ mkdir Latihan-Java
dodi@ubuntu: $ cd Latihan-Java
Kita sudah berada didalam direktori / folder Latihan-Java, selanjutnya yaitu menciptakan file dengan ekstensi .java memakai teks editor ibarat nano, gedit, leafpad, mousepad, notepadqq maupun teks editor lainnya.

Langkah awal mencar ilmu pemrograman yaitu menciptakan kegiatan sederhana yaitu Hello World, kegiatan sederhana ini merupakan kegiatan yang populer alasannya setiap programmer handal saat awal mencar ilmu niscaya pernah menciptakan kegiatan sederhana ini.
dodi@ubuntu: $ nano HelloWorld.java
Perintah diatas merupakan perintah untuk menciptakan file HelloWorld.java memakai teks editor nano, sehabis file terbuka teman tinggal mengetikkan code untuk menciptakan kegiatan HelloWorld, code programnya kurang lebih ibarat ini.

public class HelloWorld {      public static void main(String[] args) {         System.out.println("Hello World...");     } } 


Penjelasan dari teladan instruksi kegiatan diatas yaitu sebagai berikut :

  • public, yaitu keyword pada java yang berarti bahwa objek, method, maupun atribut sanggup diakses dari class yang lain.
  • class, merupakan kata kunci atau keyword pada java yang dipakai untuk menciptakan sebuah class.
  • static, menawarkan bahwa karakteristik tetap pada class ini
  • void, menawarkan bahwa class ini tidak mengembalikan suat nilai.
  • String[] args, fungsi kelas ini sanggup mendapatkan argumen saat dijalankan dan argumen ini yaitu string yang berbentuk larik (array) atau sanggup lebih dari satu argumen.
  • System.out.println(), merupakan perintah untuk menampilkan teks atau kalimat yang berada didalam nya, pada teladan ini yaitu berfungsi untuk menampilkan kalimat "Hello World. . ."

Selain itu juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menciptakan kegiatan dengan bahasa java, yaitu :

Nama kelas harus sama dengan nama file yang dibuat, alasannya pada teladan ini nama kelas nya yaitu HelloWorld maka nama filenya pun harus HelloWorld.java

Penulisan instruksi pemrograman java bersifat case sensitive, jadi teman harus memperhatikan setiap penulisan code, teladan kata "String" pada instruksi pemrograman java ditulis dengan karakter awalan "S" besar, maka apabila teman mengetikkan instruksi tersebut dengan karakter kecil semua, maka kegiatan yang yang sudah dibentuk akan error saat di compile.

Setelah menciptakan kegiatan HelloWorld.java, kini kita harus meng-compile instruksi kegiatan tersebut dengan javac.
dodi@ubuntu: $ javac HelloWorld.java
Setelah dicompile dengan Javac, maka akan muncul file HelloWorld.class, file ini merupakan instruksi kegiatan java yang sudah diterjemahkan menjadi bytecode yang nantinya sanggup kita jalankan.

Untuk menjalankan instruksi kegiatan java yang sudah kita buat ketikkan perintah berikut.
dodi@ubuntu: $ java HelloWorld

Maka secara otomatis, output dari instruksi kegiatan yang sudah kita buat tadi akan ditampilkan.

Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux

Praktis bukan ? Semoga goresan pena sederhana ini sedikit banyak sanggup bermanfaat bagi paca pembaca yang budiman untuk memulai menciptakan kegiatan berbasis java di GNU/Linux 😃

Dilain kesempatan aku akan memposting tutorial cara menginstall IDE Netbeans pada sistem operasi berbasis GNU/Linux dan juga tutorial memulai menciptakan kegiatan java memakai IDE Netbeans. So, keep visiting this blog ya sob 😉

Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Memulai Pemrograman Java Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel